Selasa, 02 November 2010

Tawuran Antar Suporter Sepakbola di Indonesia

TAWURAN ANTAR SUPORTER SEPAKBOLA DI INDONESIA

            Secara geografis Indonesia merupakan negara kepulauan yang terpisah-pisah dan Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku dan budaya.  Indonesia merupakan salah satu negara yang penduduknya paling padat di dunia. Jumlah penduduknya pun mencapai ±250 juta orang. Namun pada tulisan ini, saya tidak akan membahas tentang keadaan geografis Indonesia, tapi saya akan membahas tentang tawuran antar suporter yang seringkali terjadi di Indonesia.
           
Walaupun Indonesia merupakan negara kepulauan yang terpisah-pisah dari Sabang sampai Merauke, namun Indonesia tetaplah satu negara. Setiap  penduduk pasti memiliki perbedaan karakter dan perbedaan sifat. Oleh karena itu, setiap orang pasti memiliki pilihan atau kesukaan pada suatu olahraga. Salah satunya adalah sepak bola.

Hampir seluruh penduduk Indonesia menyukai/ menggemari olahraga sepakbola dibandingkan dengan olahraga lainnya. Walaupun olahraga sepak bola di Indonesia tidak berprestasi atau masih berada jauh dibawah negara-negara lainnya, namun penduduk Indonesia tetap banyak yang mendukung/ menggemari persepakbolaan di Indonesia.

Untuk mendukung atau memajukan persepakbolaan di Indonesia dibuatlah suatu Liga Indonesia. Liga Indonesia adalah kompetisi sepak bola antarklub di Indonesia, yang terdiri dari Liga Super, Divisi Utama, Divisi 1, Divisi 2 dan Divisi 3. Dari kelima divisi yang ada, tingkatan yang paling tinggi di Indonesia adalah liga super. Dari banyaknya klub yang ada, pasti setiap klub memiliki suporter atau pendukung.

Namun terkadang para suporter tidak hanya menonton pertandingan secara langsung saja di stadion, tetapi tidak jarang juga mereka suka membuat keributan seperti tawuran baik di dalam stadion, maupun di luar lapangan. Tentu saja hal ini sering mengakibatkan luka-luka bahkan kematian.

Biasanya penyebab tawuran ini adalah ketidaktegasan kepemimpinan wasit dalam memimpin pertandingan hingga memancing kemarahan para suporter dan juga sering terjadi saling ejek/ saling menghina antar suporter bahkan terkadang ada pihak lain yang hanya ingin merusak suasana pertandingan dan berusaha memancing emosi supporter lain. Contohnya apabila satu orang menimpuk batu/botol, kemudian dibalas lagi maka terjadilah tawuran antar suporter.

Namun terkadang para suporter ini tidak hanya melakukan ulah di area stadion saja, terkadang mereka juga membuat ulah di luar stadion. Para suporter yang anarkis ini sering merusak fasilitas umum, kendaraan, bahkan rumah warga pun ikut jadi sasaran perusakan mereka.
Tidak jarang para warga yang merasa kesal atas perbuatan para suporter itu pun juga melakukan aksi balasan, hingga menimbulkan tawuran warga dengan para suporter sepak bola.

Sebenarnya sifat kesukaan para suporter terhadap suatu klub di Indonesia terlalu berlebihan bahkan sudah terlalu kelewatan. Mereka menganggap klub yang disukainya merupakan klub yang paling baik/ paling bagus di bandingkan klub lainnya. Sebenarnya juga suporter yang berperilaku baik juga banyak, namun terkadang suporter yang baik tersebut dapat berperilaku negatif karena mengikuti/ meniru perilaku anggota kelompoknya yang jumlahnya besar.

Akibat yang ditimbullkan dari tawuran antar supporter sangatlah banyak, diantaranya rusaknya fasilitas umum, kendaraan, rumah warga, luka-luka bahkan kematian.

Sebenarnya banyak cara untuk mencegah terjadinya tawuran antar supporter diantaranya:
  • Sebelum para suporter masuk ke dalam stadion, pihak keamanan harus merazia seluruh isi bawaan para supporter agar tidak ada benda yang membahayakan masuk ke area stadion
  • Memperbanyak jumlah anggota keamanan baik di dalam stadion, maupun di luar stadion
  • Apabila situasi tidak memungkinkan, lebih baik suporter lawan tidak diperbolehkan datang ke stadion tuan rumah yang menyelenggarakannya. Karena apabila supporter  lawan datang ke stadion, kemungkinan besar bias terjadi tawuran antar suporter
  • Apabila situasi tidak memungkinkan juga, lebih baik pihak keamanan melarang kedua belah pihak suporter datang ke stadion

Salah satu solusi lagi sekaligus memberikan efek jera kepada para suporter, yaitu seharusnya dibentuk badan khusus bagi para supporter agar ada yang membina atau mengkoordinir para suporter dan juga pihak keamanan harus memberikan tindakan tegas bagi pelaku tawuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar