Rabu, 03 November 2010

Kemacetan di Jakarta

Kemacetan di Jakarta
Indonesia adalah sebuah negara yang termasuk salah satu penduduk terpadat di dunia. Jumlah penduduknya mencapai ±250.000.000 penduduk. Jakarta adalah ibukota negara Indonesia, di kota ini terdapat pusat pemerintahan dan segala pusat aktivitas lainnya. Di kota ini tinggal berbagai macam orang dari berbagai suku dan bangsa. Bahkan di kota ini jumlah penduduknya mencapai ±8 juta.
Karena semakin tahun jumlah penduduk di Jakarta semakin banyak, akibat yang ditimbulkan dari semakin banyaknya orang yang tinggal maupun yang beraktivitas di Jakarta adalah kemacetan. Tidak terkendalinya jumlah penduduk dan jumlah kendaraan di Jakarta mengakibatkan kemacetan. Semakin banyak jumlah penduduk di Jakarta, semakin banyak pula jumlah kendaraan yang ada. Di setiap jalan di Jakarta pasti yang selalu dijumpai setiap harinya adalah kemacetan. Dari pagi bahkan hingga malam haripun, kota Jakarta masih saja dilanda kemacetan.
Banyaknya orang yang beraktivitas di Jakarta, memilih untuk menggunakan motor ataupun mobil pribadi. Hal ini mereka pilih, karena sarana transportasi umum yang ada tidak nyaman. Semakin banyaknya jumlah kendaraan pribadi, tidak diimbangi dengan luas jalan yang ada. Dari tahun ke tahun pembangunan jalan di Jakarta sangat sedikit, sementara jumlah kendaraan dari tahun ke tahun semakin bertambah banyak. Hal ini mengakibatkan kerugian waktu dan materi.
Bahkan apabila hujan sedang mengguyur kota Jakarta, kemacetan semakin tidak terkendali malahan kemacetan semakin parah. Sebab di Jakarta banyak jalan yang banjir dan tergenang air, sehingga banyak kendaraan yang menurunkan kecepatan. Apabila sedang hujan, banyak juga kendaraan roda dua yang berhenti untuk berteduh di bawah jembatan sehingga sedikit menghabiskan pinggir badan jalan dan banyak juga kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat yang mogok akibatnya semakin memperparah kemacetan. Banjir ini sebenarnya akibat tidak berfungsinya drainase penyerapan air di setiap jalan yang rawan banjir.
Apabila tidak ada upaya dari pemerintah dan seluruh penduduk di Jakarta, maka Jakarta akan lumpuh total. Mungkin ada beberapa cara untuk mengurangi kemacetan antara lain:
-Memindahkan ibukotanya saja ke kota lain
-Memindahkan pusat pemerintahannya saja ke kota lain
-Memindahkan ibukota dan pusat pemerintahan  ke kota lain
Kesimpulannya untuk mengurangi kemacetan di kota Jakarta, tidak hanya diupayakan oleh pemerintah saja tapi harus ada upaya dari kita semua untuk mengurangi kemacetan. Oleh karena itu kita semua harus saling kerja sama untuk mengurangi kemacetan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar